Jumat, 11 Mei 2012

Microsoft Kembangkan MirageTable, Meja Augmented Reality Masa Depan

Microsoft Kembangkan MirageTable, Meja Augmented Reality Masa Depan
Ada beragam tampilan meja masa depan yang memadukan sejumlah teknologi interaktif canggih. Sebelumnya ada Microsoft Surface, sebuah kombinasi kamera, komputer dan touch sensivity berukuran coffee table yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai aktivitas yang tertera pada layar. Kini Microsoft kembali hadir dengan inovasi terbaru.

MirageTable, perangkat augmented reality yang memungkinkan pengguna pada lokasi berbeda untuk bekerja bersama melalui sebuah aktivitas di atas meja. Pada dasarnya MirageTable mengelabui mata dan juga otak dengan “seamless 3D shared task space” yang merupakan ruang kerja virtual 3 dimensi.

Untuk mendapatkan efek tersebut, sebuah proyektor video 3D akan digunakan untuk menyorot image ke atas selembar plastik putih melengkung yang ditempatkan di depan pengguna. Ada juga Microsoft Kinect camera sensor yang digunakan untuk melacak arah pandangan masing-masing pengguna, selain untuk menangkap bentuk dan tampilan obyek yang diletakkan di permukaan, dengan pengguna yang duduk di belakang obyek.



Dan untuk bisa menikmati pengalaman unik ini, pengguna memerlukan kacamata 3D dan 2 komputer yang terhubung melalui jaringan. Pengguna dapat memegang obyek virtual, memindahkan dan merobohkannya. Semua benda virtual dan nyata ada dalam simulasi fisika dunia nyata. Tak hanya bisa berbagi benda 3D virtual, MirageTable juga memungkinkan pengguna untuk bekerja sama membagi tugas.

Sebuah inovasi yang menakjubkan, bukan? Meski demikian, agaknya proyek MirageTable ini masih belum bisa kita nikmati dalam waktu dekat. Tim peneliti masih akan terus mengembangkannya, sehingga nantinya MirageTable bisa benar-benar berfungsi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar