Jumat, 11 Mei 2012

Teknologi ini Ubah Sepatu jadi Charger Ponsel

Teknologi ini Ubah Sepatu jadi Charger Ponsel Kira-kira seperti apa charger masa depan di benak Anda? Well.. Anthony Mutua punya pemikiran sendiri. Pemuda berusia 24 tahun asal Kenya ini tengah mengembangkan sebuah chip kristal super tipis yang dapat mengisi ulang baterai mobile phone ketika diletakkan di dalam sol sepatu. Chip ini dapat menghasilkan listrik ketika diletakkan di bawah tekanan.

Menurut Mutua, teknologi ini dapat menghasilkan listrik ketika pengguna melangkah atau berjalan. Teknologi ini bekerja dengan dua cara, ketika pengguna bergerak melalui kabel ekstensi tipis yang membentang dari sepatu ke saku. Selain itu, sepatu juga dapat mengisi ponsel segera setelah pengguna berjalan, karena kristal memiliki kapasitas untuk menyimpan energi listrik.

Chip ini dapat dimasukkan ke dalam sol dari sepatu apapun. Untuk bisa memilikinya Anda harus merogoh kocek sebesar $46, dengan garansi 2,5 tahun. Mutua menunjukkan inovasi charger ini pada ajang Science and Innovation Week yang digelar di Nairobi. Ia telah mematenkan ide ini dengan Kenya Industrial Property Institute, badan yang bertanggung jawab untuk masalah paten dan hak kekayaan intelektual di Kenya.

National Council of Science and Technology (NCST) telah menyediakan dana untuk proyek ini sebesar $6.024 dan berjanji akan memproduksinya secara massal ke pasar yang lebih besar lagi. Tertarik untuk menjadikan sepatu Anda sebagai charger ponsel? :)

0 komentar:

Posting Komentar