Minggu, 03 Juni 2012

Mengubah iPhone Menjadi Keyboard dan Mouse

Mengubah iPhone Menjadi Keyboard dan Mouse

Pastinya akan sangat memudahkan perkerjaan jika Anda menggunakan Bluetooth keyboard atau mouse, tetapi tidak selamanya menyenangkan. Bayangkan saja jika Anda harus melakukan presentasi mendadak yang sangat penting atau sekedar ingin nge-game di televisi yang terkoneksi ke komputer. Untuk kasus seperti itu tentunya Anda membutuhkan perangkat mobile yang tidak merepotkan dan bisa dipakai langsung dari tangan dan jari-jari Anda tanpa bantuan alas meja, misalnya.

Kenapa tidak Anda menggunakan sebuah iPhone untuk menggantikan Bluetooth keyboard dan mouse? Anda bisa melakukannya dengan bantuan sebuah iOS app gratis, TouchMouse.

1. Install TouchMouse di Komputer
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengubah iPhone menjadi keyboard/mouse adalah dengan install TouchMouse di komputer. TouchMouse tersedia dalam versi PC dan Mac, download di sini.
2. Install TouchMouse di iPhone
Selanjutnya Anda perlu install TouchMouse di iPhone, download di iTunes store.
3. Koneksikan komputer ke iPhone
Anda perlu mengoneksikan komputer dan iPhone pada hotspot yang sama. Aktifkan built-in hotspot di iPhone dan koneksikan komputer pada hotspot yang sama.

4. Jalankan TouchMouse di iPhone
Setlah instalasi dan koneksi berjalan baik, silakan buka TouchMouse app dari iPhone. Komputer Anda akan muncul dalam pilihan; dari daftar yang ada silakan tap pada nama komputer Anda. Sekarang iPhone telah mengambil alih perah mouse dan keyboard dari komputer. Anda bisa menggunakan TouchMouse untuk pointing, clicking dan scrolling, demikian juga untuk mengetik.

Cara Menggunakan TouchMouse
TouchMouse adalah sebuah aplikasi sederhana yang memberikan fungsi seperti sebuah mouse; pointing, clicking dan scrolling. Pada click pad bisa Anda temukan 3 tombol untuk fungsi klik kiri, klik tengah dan klik kanan.

Selain click pada pad, Anda juga bisa menggantinya dengan Trackpad. Cara kerja trackpad seperti di bawah ini:

1. Tap 1x: single click
2. Tap 2x: double click
3. Tap 2 jari: klik kanan
4. Dua jari ke atas-bawah: scroll vertikal
5. Dua jari ke samping kanan-kiri: scroll horisontal

Untuk mengetik, Anda cukup klik pada keyboard icon maka akan muncul Qwerty keyboard di iPhone.

So, tunggu apa lagi? Silakan download TocuhMouse dan mulailah menggunakan iPhone Anda untuk keyboard dan mouse sehingga pekerjaan bisa lebih mudah dilakukan, di mana dan kapan saja ;)

0 komentar:

Posting Komentar